Minggu, 30 November 2014

Recording Sapi

Recording Sapi

Beternak merupakan salah satu kegiatan masyarakat Desa Longok disamping bertani. Pada umumnya masyarakat beternak unggas seperti ayam, bebek, entok dll. Akan tetapi akhir – akhir ini beternak sapi menjadi suatu tren di masyarakat. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh kelompok kami adalah recording sapi.
Recording adalah suatu usaha yang dikerjakan oleh peternak untuk mencatat gagal atau berhasilnya suatu usaha peternakan. Di bidang usaha peternakan  program ini diterapkan hampir di semua sektor usaha ternak, mulai ternak unggas, ternak potong, dan aneka ternak seperti kelinci dan lainnya.
Banyak faktor yang menentukan keberhasilan usaha peternakan. Faktor tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 faktor utama, yaitu faktor pakan, bibit, dan manajemen pemeliharaan (lingkungan).  Faktor pakan, bibit, dan manajemen pemeliharaan (lingkungan), semuanya saling terkait mendukung keberhasilan usaha sehingga tidak bisa diabaikan salah satunya.
Dalam usaha peternakan banyak sekali komponen recording yang seharusnya mendapat perhatian antara lain jumlah populasi, jumlah pemberian pakan, jumlah produksi harian yang dihasilkan, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan,   tingkat kematian ( mortalitas), penyakit yang menyerang, riwayat kesehatan,  obat yang dibutuhkan, vaksinasi yang dibutuhkan, dan masih banyak lainnya. Semakin banyak pencatatan yang dilakukan akan semakin baik mamajemen usaha yang dijalankan.
Kegunaan recording:
1.      Mengetahui jumlah populasi akhir.
Hal ini diperlukan karena bagaimanapun letak keuntungan ditentukan oleh jumlah po[ulasi akhir. Dengan diketahuinya populasi akhir kita juga akan mengetahui jumlah ternak yang mati, hilang, dan sebagainya selama masa penyimpanan.
2.      Sebagai bahan pertimbangan dalam penilaian tata laksana yang sedang dilaksanakan. Seperti tingkat pertambahan berat badan (PBB), Feed Consumtion Rate (FCR), jumlah produksi, dan kesehatan ternak.
3.      Sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan sehari – hari.
4.      Sebagai langkah awal dalam menyusun rencana jangka panjang.
5.      Bagi pemerintah berguna untuk penyusunan kebijakan dalam bidang peternakan, seperti apakah diperlukan import untuk pemenuhan kebutuhan sehingga produksi tetap seimbang.
6.      Mempermudah peternak melakukan evaluasi, mengontrol dan memprediksi tingkat keberhasilan usaha.
7.      Bagi perguruan tinggi, data recording bisa sebagai bahan penelitian.
Recording yang baik adalah yang data – datanya dapat dipertanggungjawabkan dan dapat dipercaya serta selalu aktual setiap hari. Recording akan mempermudah membuat keputusan yang tepat untuk program selanjutnya.

Hampir sebagian besar dari peternak (atau bahkan dokter hewan) belum menganggap penting pencatatan, walaupun sudah menyadari pentingnya pencatatan ini namun dalam prakteknya masih sedikit yang melakukan pancatatan. Padahal dengan pencatatan banyak parameter yang dapat diukur pada suatu gangguan reproduksi pada sapi seperti : days to conception, calving interval, conception rate, pregnancy rate, service per conception dan lain-lain. Namun untuk mengetahui adanya gangguan reproduksi atau tidak pada sapi memerlukan pencatatan/recording.

Macam-macam Pencatatan
1. Pencatatan individual
2. Pencatatan kelompok
3. Pencatatan dalam komputer
- Swasta
- Koperasi
- Proyek
- Organisasi lainnya
Para peternak Desa Longok agaknya sudah mengetahui betapa pentingnya dilakukan pencatatan. Hal ini ditandai dengan adanya form pengisian mengenai biodata sapi dan juga waktu penyuntikan IB. Namun sebagian masih ada yang masih berkutat pada kebiasaan lama yakni masih enggan untuk mencatat sehingga sering terjadi kekeliruan pada saat tanda-tanda birahi pada ternak muncul.
       Kendala yang dihadapi adalah terkait dengan bahasa sehingga ada kesulitan dalam berkomunikasi dengan para peternak. Para peternak yang sudah lama terjun dan faham betul dibidang peternakan adalah orang-orang yang kurang menguasai bahasa indonesia. Namun dengan bantuan ketua kelompok kendala tersebut dapat dihadapi sehingga recording atau pencatatan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
     
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar